Cari Di Blog Ini

20110503

Tahukah Anda Robot Pemecah Rekor Jalan Cepat...?

robotkaki.jpg

Robot sederhana dengan dua kaki bernama RunBot tidak dapat berlari. Namun, ia mampu berjalan cepat bahkan memecahkan rekor robot-robot sebelumnya.

Robot buatan para peneliti Eropa setinggi 30,5 centimeter ini mampu berjalan dengan kecepatan sekitar 3 meter perdetik atau sebanding dengan kemampuan manusia. Kemampuannya berjalan dua kali kecepatan robot tercepat sebelumnya Spring Flamingo buatan Institut Teknologi Massachusetts (MIT).

"Ada beberapa prinsip yang dipakai di sini sehingga desain ini lebih efisien daripada robot tercepat sebelumnya," kata pakar komputasi otak Florentin Worgotter dari Universitas Gottingen Jerman. Seperti manusia yang sedang berjalan cepat, lutut RunBot relatif lurus saat berjalan. Pinggulnya lebih banyak digunakan untuk melangkahkan kaki daripada mengayun lututnya.

Para peneliti juga melengkapinya dengan jaringan syaraf tiruan sederhana yang fungsinya meniru syaraf manusia. Dua buah sensor bekerja seperti neuron untuk mengendalikan motor-motor di pinggulnya.

Sensor-sensor di bagian pinggul akan memberitahu motor untuk berputar lebih cepat sehingga menghasilkan langkah lebih banyak. Neuron-neuron di lutut menjaga agar bagian tersebut tetap kaku untuk menghasilkan langkah yang efisien dan tidak menekuk saat berjalan cepat.

Penelitian ini merupakan hasil kolaborasi para peneliti dari Universitas Gottingen, Universitas Glasgow, dan Universitas Stirling Skotlandia. Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam International Journal of Robotics Research edisi Maret.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sponsored

Pasang Iklan Di Bayar

contributor

Bisnis 100% 	Tanpa Modal

sponsored

Software Iklan Baris Massal

Sponsored

Sponsored